VISI SEKOLAH
“Unggul dalam Prestasi berlandaskan Budi Pekerti Luhur”.
Indikator Visi:
- Terwujudnya prestasi bidang akademis dan non akademis
- Terwujudnya prilaku warga sekolah sesuai dengan konsepsi Tri Hita Karana
- Terwujudnya wawasan yang berorientasi pada keterampilan hidup (Life Skill), berinovatif sesuai dengan perkembangan IPTEKS
- Tercapainya perilaku yang sopan santun sesuai dengan karakter bangsa
Misi SMP Negeri 5 Tabanan
- Mengacu indikator Visi nomor 1 : Terwujudnya prestasi bidang akademis dan non akademis
- Mewujudkan kemampuan kompetitif dalam bidang akademis dan non akademis
- Mewujudkan mutu guru dalam Inovasi Pembelajaran
- Mewujudkan mutu pendidikan melalui peran serta komite sekolah
- Mewujudkan pengajaran yang efektif mengacu kepada kesetaraan gender dalam perolehan nilai
- Mewujudkan prestasi akademis maupun non akademis
- Mewujudkan proses pendidikan melalui PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan)
- Mengacu pada indikator Visi nomor 2 : Terwujudnya prilaku warga sekolah sesuai dengan konsepsi Tri Hita Karana
- Mengembangkan pembiasaan dalam persembahyangan pagi, siang dan hari-hari besar keagamaan
- Mengembangkan pembiasaan kebersihan lingkungan
- Menumbuhkan sikap saling menghormati, menyayangi dan menghargai antar sesama
- Mewujudkan peningkatan mutu guru melalui pelatihan-pelatihan/workshop, diklat, memberi kesempatan pada guru–guru melakukan publikasi ilmiah dan karya inovatif serta melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
- Melaksanakan pembelajaran yang mengacu kepada keterampilan hidup
- Melaksanakan pembelajaran yang mengacu pada peraturan akademik serta kode etik dan perkembangan IPTEKS
- Melaksanakan pembiasaan mengucapkan salam hormat
- Melaksanakan peraturan akademik, kode etik serta tata tertib sekolah
- Menanamkan pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari
- Mengacu indikator Visi nomor 3 : Terwujudnya wawasan yang berorientasi pada keterampilan hidup (Life Skill), berinovatif sesuai dengan perkembangan IPTEKS
- Mengacu indikator Visi nomor 4 : Tercapainya perilaku yang sopan santun sesuai dengan karakter bangsa
Untuk mewujudkan “Visi dan Misi Sekolah “ perlu ditempuh langkah-langkah strategis yang dituangkan dalam Tujuan Sekolah dalam 4 tahun ke depan sebagai berikut.
- Sekolah mampu memenuhi SKL-SNP
- Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan Dokumen-1 atau Buku-1 KTSP dengan lengkap dan bertaraf SSN
- Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan silabus semua mata pelajaran bertaraf SSN dan untuk semua jenjang/kelas/tingkatan
- Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan RPP semua mata pelajaran bertaraf SSN dan untuk semua tingkatan
- Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan perangkat kurikulum yang bertaraf SSN, lengkap, mutakhir, dan berwawasan ke depan
- Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator bertaraf SSN untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran pada tahun 2014
- Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan RPP bertaraf SSN untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran pada tahun 2014
- Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar isi bertaraf SSN (kurikulum satuan pendidikan, meliputi: tercapai/ telah dibuat kurikulum satuan, silabus lengkap, model/sistem penilaian lengkap, RPP lengkap,
- Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar proses pembelajaran bertaraf SSN meliputi: tercapai/telah dibuat/ditetapkan melaksanakan pembelajaran dengan strategi/metode: CTL, pendekatan belajar tuntas, pendekatan pembelajaran individual, secara lengkap termasuk pembelajaran di luar kelas/sekolah.
- Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar pendidik dan tenaga kependidikan bertaraf SSN meliputi: semua guru berkualifikasi minimal S1, semua mengajar sesuai bidangnya, mampu berbahasa inggris, mampu menggunakan perangkat TIK
- Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar sarpras/fasilitas sekolah bertaraf SSN meliputi: semua srapras, fasilitas, peralatan, dan perawatan bertaraf SSN.
- Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar pengelolaan sekolah bertaraf SSN meliputi: pencapaian standar pengelolaan : pembelajaran, kurikulum, sarpras, SDM, kesiswaan, administrasi, secara lengkap, memenuhi standar ISO 9001, berbasis TIK, dan sebagainya.
- Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar penilaian pendidikan yang relevan dan bertaraf SSN.
- Sekolah mampu memenuhi pengembangan budaya mutu sekolah yang memadai
- Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah dengan menerapkan 7K secara lengkap